Digital Marketing

Video yang menjelaskan mengenai kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para pemuda karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era destruktif ini menjadi hal yang yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Era pandemi covid semakin membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran.

Seiring perkembangan zaman, internet dan teknologi digital menguasai dunia dan mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen. Digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang pelaku bisnis berikan kepada konsumen supaya tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha. Digital teknologi have to be a teacher, sama seperti masa depan kita harus menguasai yang diciptakan oleh Tuhan dengan beberapa teori seperti teori Darwin yang mengatakan bahwa sebenarnya manusia yang berhasil dan bisa memenangkan sebuah pertempuran itu adalah bukan orang yang paling kuat, tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan.

Pada data Januari 2019 terlihat populasi di Indonesia adalah 268,2 juta dan 150 juta penduduk diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet dan sudah mengakses atau aktif menggunakan sosial media serta menggunakan media sosialnya sekitar 130 juta. Hampir 80% dari pengguna aktif media sosial mengakses menggunakan smartphone yang artinya hampir seluruh atau kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone bukan lagi menjadi barang mewah dan sudah pasti ada aplikasi media sosial di dalamnya. Sehingga beberapa pemasar saat ini menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya.

Pada data tahun 2019 terlihat ada penambahan 1,1% yaitu penambahan sekitar 2,9 juta penduduk Indonesia. Kemudian ketika penduduknya bertambah sebesar 1%, pengguna telepon tumbuh sebesar 4,6% menjadi lebih cepat dibandingkan perubahan jumlah populasi. Pengguna internet di sini terlihat tumbuh sebesar 17% dalam 1 tahun. Kemudian pertumbuhan pengguna media sosial terlihat sekitar 8,1%. Akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tumbuhnya sangat cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri. Hal ini menunjukkan satu gejala positif yang harusnya dipandang oleh interpreneur sebagai peluang, artinya terlihat bahwa muncul satu pola baru dalam konsumen. Kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran. Contohnya ditempatkan pada media-media digital internet. Terlihat rata-rata di Indonesia orang menggunakan Gadget nya untuk mengakses internet lebih dari 8 jam 36 menit atau 8 setengah jam per hari. Hal itu merupakan rata-rata perhari, padahal kalau dikembalikan ke diri kita sendiri mungkin lebih dari 8 setengah jam. Berawal dari membuka internet dan akan dilakukan sepanjang hari sampai dengan kita mengakhiri aktivitas seharian penuh serta bisa menjadi peluang yang besar untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasaran nya.  Disosial media, kebanyakan orang rata-rata membuka sosial media bisa sekitar 3 setengah jam perhari. Pada era disruptif atau revolusi industri four point yang sekarang, kenyataanya bahwa pada mikrotik ini ketika kita semua memberi mobilitasnya untuk keluar rumah, orang di rumah melakukan segala aktivitasnya. Maka semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk mengakses internet dan media sosial jadi ini sudah menjadi peluang uang yang tidak hanya di Indonesia tapi secara global penggunaan media digital ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh konsumen. Dan ada juga di tahun 2019 tentang beberapa social media platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media sosial yang pertama di sini ada YouTube ada WhatsApp ada ada Instagram adalah dan seterusnya artinya kenapa ini menjadi suatu wawasan baru apa informasi bagi para pelaku usaha setidaknya para pelaku usaha. Disini  mempertimbangkan bahwa dia harus memasang sebuah iklan melalui media-media massa, melalui media sosial ini karena ternyata media yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna sosial media. Hal ini mungkin bisa kita refleksikan sendiri sebenarnya pada media sosial apa aja sih yang akan kita buka diri kita sendiri yang bagian 4 teratas ada disetiap handphone-nya orang juga pasti ada YouTube kita punya Facebook kita dan mungkin sekarang sudah mulai naik lagi. 


Kita juga tahu bahwa tidak hanya di Indonesia, tetapi rata-rata di seluruh dunia ini, semakin banyak kebutuhan media digital yang dibutuhkan setiap hari, dan orang akan menghabiskan waktu menggunakan perangkatnya untuk mengakses internet dan media sosial. Hal tersebut sekaligus menjadikan peluang pengusaha besar untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasaran. Lantas, apa gunanya digital marketing bagi wirausahawan muda yang ingin memulai bisnis dan mengembangkan usahanya? Dalam dunia bisnis saat ini, digital marketing terbukti mampu menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan, serta membantu bersaing dengan pengusaha besar lainnya. Padahal itu kita harus mempunyai beberapa cara dalam melakukan perkembangan bisnis kita, yaitu yang pertama itu hendaknya kita sebagai entrepreur yang baru merintis bisnis jika ingin menarik minat dari konsumen kita mungkin harus 1).Mangaktifkan biaya promosi yang dengan demikian kita hanya perlu  memasang konten promosi di salah satu web bisnis ataupun situs-situs online lainnya. 2).Memudahkan riset pasar yaitu salah satunya dengan mengetahui keinginan pasar ataupun keinginan konsumen, maka disini tentunya kita akan lebih mudah merancang strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 3).Memudahkan mengelola barang, mulai dari melihat stok barang yang masih ada atau barang-barang yang banyak diminati oleh konsumen serta barang-barang yang nantinya sulit terjual. Dengan begitu mungkin dapat membantu mengembangkan bisnis yang kita rintis nantinya.

Di dalam Digital Marketing juga terdapat beberapa strategi yang hendak dilakukan agar usaha yang kita rintis nantinya akan lebih berkembang dan produk kita menjadi lebih dikenal serta memiliki daya saing yang tinggi. Adapun strategi digital marketing tersebut yaitu dengan menggunakan system “SOSTAC Digital Marketing Diagram” atau singkatan dari Situasion Analistys, Objektives, Strategy, Tactics, Actions, Control.

  1. Situasion Analistys, yang merupakan sebuah langkah angar kita mengetahui posisi dan keadaan kita sekarang.
  2. Objektives, yang merupakan situasi dimana kita akan menentukan tujuan yang akan kita lakukan nantinya.
  3. Strategy, strategy ini merupakan metode ataupun cara nantinya bagaimana kita akan menggapai tujuan tersebut.
  4. Tactics, yaitu adalah cara atau tahapan yang lebih baik yang dapat kita lakukan dan kita gunakan untuk dapat mencapai tujuan.
  5. Actions, actions ini merupakan tindakan dengan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya.
  6. Control, kita perlu melakukan control kepada sebuah kerjaan yang kita kerjakan agar nantinya tujuan yang kita rencanakan dapat tercapai dengan baik dan juga cepat tentunya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan begitu kita sebagai calon-calon entrepreneur muda harus bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi digital marketing ini dengan baik agar bisnis yang nantinya kita jalankan bisa sukses dan berkembang dengan baik. Dengan begitu juga kita tidak akan mudah tersaingi oleh kompititor-kompititor lainnya, dan yang terpenting jika kita ingin mengembangkan bisnis yang kita jalankan di dunia digital seperti sekarang kita sebaiknya mencari vendor atau agensi digital marketing yang sudah terbukti handal dalam strategi pemasaran di dunia internet ataupun social media agar nantinya kita bisa bekerja sama dan menghasilkan bisnis yang sukses untuk kedepannya. 

YouTube : Dedi Purwana Channel

Blog    : https://www.duniakampus40.net/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Mahasiswa sebagai Calon Pemimpin Perekonomian Bangsa

Kewirausahaan Digital